Menjaga Kuallitas Rumput Futsal

Rumput Futsal
Menjaga kualitas rumput futsal adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh para pemilik lapangan futsal secara rutin. Pada umum nya perawatan rumput futsal sudah jelas berbeda dengan rumput biasa yang digunakan di lapangan sepak bola di mana menggunakan rumput alami.  Ini sudah pasti terlihat jelas,  di mana rumput futsal biasa nya terbuat dengan bahan plastik dan rumput alami ini tumbuh secara alami. Oleh karena itu, biasa nya perawatan rumput futsal ini memerlukan perhatian yang khusus. Perawatan rumput futsal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan pada rumput futsal dalam waktu yang cepat.

Rumput lapangan futsal ini merupakan sangat anti dengan air, karena dapat mempercepat kerusakan. Dan tidak jarang, dalam perawatan rumput futsal para pemilik lapangan futsal mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk sekali melakukan perawatan. Maka dari itu, berikut beberapa tips atau cara dalam menjaga kualitas rumput futsal antara lain :
  1. Cobalah untuk memperhatikan banyak dari rubber yang ada pada sela-sela rumput futsal tersebut. Rubber sendiri mempunyai fungsi sebagai peredam dan menjaga elastisitas rumput futsal. Rumput futsal yang memiliki sedidit rubber, akan menyebabkan aus yang lebih cepat.
  2. Ketika melakukan pemasangan rumput futsal pada karpet futsal pasti terdapat lapisan paling bawah yang terletak sebelum rubber. Lapisan di atas rubber ini di isi oleh pasir. Untuk menjaga kualitas rumput futsal, maka sebaiknya menggunakan pasir yang halus partikel nya. Selain itu pastikan rumput futsal tersebut bebas dari kotoran dan juga batu-batu.
  3. Dalam proses pemasangan rumput futsal, harus lah dilakukan dengan benar dan jika perlu dibantu oleh tenaga-tenaga yang sudah berpengalaman dalam memasang rumput futsal.
  4. Usahakan untuk menempatkan rubber secara padat dan tersebar dengan merata. Dan usahakan untuk melakukan kontrol sesekali untuk menghindari rubber berpindah ke tepi rumput futsal. Jika rubber bergerak dan semakin ke tepi, maka ini akan menyebabkan area tengah lapangan futsal akan cepat aus dikarenakan kurang nya rubber.
  5. Luangkan waktu minimal 1 bulan sekali untuk menyapu rubber yang ada di rumput futsal dan menyebarkan dengan rata ke seluruh bagian rumput pada lapangan futsal. Nah, semakin lama rubber di biarkan, maka rumput futsal akan semakin cepat aus dan akan pula rusak lebih cepat.
  6. Jika sering digunakan. Rubber pada rumput futsal pada lapangan futsal tentu nya akan terbawa keluar lapangan. Oleh karena itu, biasakan untuk memiliki cadangan stok atau cadangan rubber untuk dapat selalu menjaga ketersediaan rubber ketika dibutuhkan pada proses perawatan rubber rumput futsal.
  7. Pastikan rubber yang terbawa keluar disaring atau di filter untuk mencegah kotoran atau partikel kasar ikut bersama rubber ke dalam rumput futsal.
  8. Informasikan untuk para pengguna atau pemain futsal untuk tidak menggunakan sepatu bola biasa. Gunakan sepatu khusus futsal agar tetap menjaga kualitas rumput futsal.
  9. Buatkan peraturan untuk tidak membawa makanan atau minuman ke dalam lapangan futsal, khusus nya permen karet karena dapat merusak kualitas rumput lapangan futsal.
Semoga beberapa langkah menjaga kualitas rumput futsal bisa berguna untuk Anda para pemilik bisnis lapangan futsal. –apuy-

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Artikel Informasi Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger