Istilah Dalam Pesan Hotel Online


Pesan Hotel Online
Pesan Hotel Online sekarang banyak dipilih sebagian besar penduduk indonesia. Sistem booking hotel online makin berkembang, karena didukung oleh banyaknya agen perjalanan yang memberikan kemudahan dalam melakukan pemesanan kamar hotel dengan mudah dan cepat. Apalagi untuk pesan hotel online di kota tujuan wisata atau liburan itu hal wajib untuk mengantisipasi agar tidak kecewa pas datang dan ingin pesan hotel akibatnya ramainya pengunjung. Biasanya kebutuhan kamar hotel pada saat liburan pastinya akan banyak dan biasanya membutuhkan jenis kamar yang  lengkap dan sesuai dengan jumlah anggota keluarga yang ikut liburan.

Hubungan Kebutuhan Kamar Hotel Dengan Pesan Hotel

Telisik-punya telisik, ternyata sebenarnya tamu menginginkan pesan hotel dengan 2 tempat tidur tetapi salah sebut dengan menyebut double bed, padahal yang diinginkan adalah 2 tempat tidur. Double bed sendiri diartikan sebagai 1 tempat tidur besar, beberapa orang menyebut king-size. Salah sebut ini tidak akan menjadi masalah jika saat itu masih tersedia kamar dengan 2 bed untuk kelas kamar yang sama. Tapi bagaimana jika semua kamar terisi penuh? Nah, untuk menghindari kesalahan seperti itu, ada baiknya akan kenali dulu istilah-istilah yang lazim digunakan oleh hotel.

Beberapa Istilah Jenis Kamar Hotel Pada Saat Pesan Hotel Online

Kamar hotel biasanya dibagi dalam beberapa jenis menurut ukuran ruangannya. Kamar paling kecil biasanya disebut standard-room, superior, deluxe, suite dan presidential. Tidak ada ukuran baku jenis kamar untuk tiap-tiap hotel, tapi biasanya ukuran kamar tidak jauh berbeda untuk kelas yang sama pada hotel dengan rating yang sama. Kamar superior di semua hotel bintang 5 memiliki ukuran yang hampir sama, tapi tipe kamar hotel superior di hotel bintang 3 bisa jadi memiliki ukuran yang lebih kecil.
  1. Tempat tidur (bed). Biasanya dikenal sebagai double-bed dan twin bed. Double bed adalah 1 tempat tidur besar dapat dipakai berdua, biasa disebut juga king-size. Sedangkan pada kamar twin-bed akan terdapat 2 tempat tidur dengan ukuran lebih kecil (cukup 1 orang).
  2. Kamar mandi. Biasanya tersedia bath-tub ataushower. Untuk hotel dengan rating bintang 4 & 5 bath-tub adalah keharusan. Untuk bintang di bawahnya hanya disediakan shower.
  3. Rate. Terdapat beberapa istilah rate hotel, ada rack-rate/publish rate, ada promo rate. Rack Rate/publish rate adalah tarif hotel, namun dalam praktiknya tarif yang diberlakukan di bawah publish rate. Sebaiknya ditanyakan juga apakah sudah nett atau ++. Tarif nett berarti Anda hanya membayar sejumlah tarif tersebut. Sedangkan ++ berarti tarif tersebut masih harus ditambahkan pajak dan service yang besarnya untuk Indonesia adalah 21%, dan bisa berbeda-beda  untuk hotel di luar negeri.
  4. Block-out Date. Jika Anda memesan kamar online istilah ini sering digunakan untuk menandakan tanggal-tanggal tertentu dimana kamar tidak bisa dipesan melalui online atau travel biro.
  5. High/Peak Season Surcharge. Tarif kamar biasanya ditentukan 6 bulan atau 1 tahun sebelumnya. Untuk kondisi ramai tamu biasanya hotel mengenakan biaya tambahan sebesar nilai tertentu. High season surcharge ini biasanya ditambahkan saat libur sekolah. Sedangkan Peak season surcharge dikenakan saat libur lebaran, atau tahun baru.
  6. Breakfast. Saat pemesanan kamar sebaiknya ditanyakan apakah harga termasuk dengan sarapan dan untuk berapa orang. Kode R/O atau Room Only merupakan penanda bahwa harga kamar tidak termasuk sarapan.
  7. Check-in Time & Late Check-out Time. Check-in Time adalah jam dimana tamu sudah diperbolehkan melakukan checkin. Check-in time ini juga bervariasi dan sangat situasional, artinya di saat banyak kamar kosong Anda masih dimungkinkan check-in jam 9 pagi. Check-in time rata-rata adalah antara jam mulai jam 1 atau 2 siang. Check-out time adalah jam dimana Anda sudah harus meninggalkan hotel di hari terakhir menginap. Biasanya berkisar jam 11 a/s 12. Seperti halnya check-in time, check-out time juga situasional dan tergantung kebijakan masing-masing hotel. Bahkan beberapa hotel masih memberi kelonggaran late check-out hingga 3 sore. Tapi jika semua kamar sudah terpesan maka Anda harus segera bergegas check-out sesuai batas waktu.
  8. Walk-In guest. Adalah tamu-tamu yang langsung datang ke hotel tanpa reservasi sebelumnya.
Demikian informasi singkat tentang istilah dalam pesan kamar hotel online, semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan. apuy

4 comments:

Parapat's Notes mengatakan...

Kalau mau pesan hotel secara online mampir ke http://www.goindonesia.com/ aja gan..
Pilihan pembayarannya pun beragam.
Dan pastinya bisa langsung terima konfirmasinya.
Mau modifikasi atau cancel juga bisa.
Happy travel ;)

Pemesanan Hotel Online mengatakan...

hari gini kok susah banget ya gan cari info Hotel Murah, maksudnya referensi yang terbaik gitu

Kenali Istilah Hotel saat Memesan Kamar mengatakan...

nah ketika pesan hotel online, maka kenali dulu istilah hotel dan juga kamar hotel
terima kasih atas info nya

Obat Diet alami mengatakan...

hotel tempt yang nyaman untuk suami istri yang baru nikah.. pastikan pesan kamar yang nyaman, temboknya yang kedap suara biar nyaman untuk berdua tanpa takut kedengaran sama kamar sebelah..tips buat penganten baru

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Artikel Informasi Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger