Tips Memasak Nasi Ala Jepang

Masak Nasi
Peralatan Masak memang sangat dibutuhkan untuk membantu proses masak menjadi lebih mudah dan cepat. Karena untuk mendapatkan rasa masakan yang enak, pasti nya harus mengetahui seluk beluk cara memasak dan pemilihan peralatan masak yang tepat. Khusus nya untuk memasak nasi, pasti akan membutuhkan peralatan masak seperti rice cooker atau pun kompor gas dengan menggunakan panci (teknik manual memasak nasi). Apalagi jika memasak nasi ala Jepang, di mana membutuhkan peralatan masak seperti rice cooker yang sudah melalui uji panas menggunakan logam (IH / Induction Heating) sekaligus juga lolos uji laboratorium computer.

Memasak Nasi Ala Jepang juga memperhatikan faktor penting diantara nya rentang waktu masak dan jumlah orang yang makan. Nah rice cooker yang baik itu harus memiliki kapasitas maksimum sampai dengan 70%  dan mampu digunakan hingga 4 -5 kali untuk proses memasak.  Nasi ala Jepang juga panas menjadi hal yang penting, untuk menjaga agar nasi tetap hangat maka uap juga harus perlu disesuaikan ketika memasak nasi. Karena hal itu, direkomendasikan untuk menggunakan rice cooker sebagai alat masak dengan fungsi isolate thermal atau pengatur uap. Untuk jenis rice cooker tersebut sekarang sudah banyak diproduksi. Contoh rice cooker dengan tombol switch untuk mengatur uap yang penggunaan nya hanya dengan sekali tekan.

Memasak Nasi Ala Jepang terlihat sama dengan memasak nasi biasa, namun perbedaan nya banyak orang Jepang yang lebih menyukai nasi hangat karena akan jauh lebih gurih. Ini dia yang menjadi masalah, karena sebenarnya di dalam lapisan beras yang tipis sudah terdapat rasa gurih atau biasa dibiasa disebut “umami”.  Berikut tips memasak nasi ala Jepang :
  • Gunakan perlatan masak yang sesuai. Dalam proses memasak nasi ala Jepang, sebaiknya menggunakan panci dengan lempengan logam untuk membantu dalam menghantarkan panas yang tinggi. Atau jika tidak memilik jenis panci tersebut, bisa menggunakan panci biasa dengan menggunakan cara merebus beras dengan tekanan hampa udara yang tinggi. Ini dilakukan supaya nasi akan tetap hangat dan gurih ketika dimakan.
  • Kontrol panas. Dalam proses memasak nasi ala Jepang, panas menjadi faktor penting untuk mendapatkan nasi yang umami. Jadi membutuhkan panas, namun harus tetap di control sehingga akan menghasilkan nasi ala Jepang yang enak dan gurih walaupun menggunakan jenis panci apa pun.
  • Buat dan sesuaikan api agar tetap mendidih. Poin penting ketika memasak nasi ala Jepang ini, menyesuaikan api dalam waktu 10 menit hingga mendidih. Jika memasak dengan api kecil atau sedang dan menginginkan cepat panas, maka sebaiknya menggunakan panci yang terbuat dari besi atau logam yang lebih tipis.
  • Atur waktu yang tepat ketika mengecilkan api. Ini merupakan hal yang sulit dilakukan karena butuh ketepatan dalam mengatur api ketika akan mengecilkan api. Tetapi ada cara yang mudah, yaitu dengan menunggu sampai tutup panci terlihat membuka, baru lakukan pengecilan api. Ini adalah proses gelatinisasi untuk meninggalkan inti nasi nya. Setelah mendidih, barulah kecilkan api dan tunggu sekitar 15 – 20 menit. 
Meskipun beras yang dimasak bukan kualitas nomor satu, akan tetapi jika tahu cara memasak nasi yang benar maka nasi akan menjadi enak. Selamat mencoba. -apuy-

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Artikel Informasi Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger