Peluang Usaha Studio Musik

Studio Musik
Bisnis rental studio musik mungkin sekarang tidak terdengar lagi, padahal dunia musik kini banyak mengalami perkembangan yang telah banyak membuka peluang bisnis salah satunya rental studio musik. Kebanyakan orang sudah tahu memulai bisnis ini membutuhkan modal yang besar, dimana modal akan dihabiskan hanya untuk membeli peralatan musik di toko alat musik. Perlu diketahui juga bahwa toko alat musik biasanya akan peralatan musik seperti jual gitar, drum, bass, organ, dan perlengkapan musik lainnya.


Manfaatkan Peluang Usaha Studio Musik


Peluang usaha studio musik  memang sudah tidak banyak lagi, namun studio musik juga tetap dibutuhkan untuk membantu dalam menghasilkan rekaman para penyanyi solo maupun band terbaik atau bisa dijadikan tempat untuk latihan. Peluang Usaha Studio Musik tentunya masih terbuka, oleh karena itu berikut hal apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat studio musik ?

Lokasi Studio Musik

Lokasi merupakan faktor penting dalam sebuah bisnis tidak terkecuali bisnis studio musik. Untuk lebih menghemat biaya, Anda bisa manfaatkan sebagian ruangan rumah yang memang tidak terpakai untuk menjadi studio musik. Jika seperti itu, pastikan lokasi rumah Anda harus strategis sehingga memudahkan pada konsumen untuk menjangkaunya. Selain lokasi yang ada itu, pastinya harus ada tempat parkir.

Spesifikasi Alat Musik

Spesifikasi sebuah rental studio musik haruslah memenuhi 3 kategori, seperti alat musik lokal, berlisensi, dan original. Biasanya untuk spesifikasi seperangkat alat musik lokal , toko alat musik yang jual gitar dan lainnya menawarkan harga mulai dari Rp 25 juta sampai Rp 35 juta. Namun jika memilih perlengkapan studio musik yang berlisensi tentunya budgetnya akan jauh lebih besar dengan kisaran harga yang mencapai total ratusan juta. Sedangkan untuk seperangkat alat musik original lengkap biayanya sampai Rp 75 juta, jadi pilihan Anda yang mana ?

Ruangan Studio Musik

Untuk membuat sebuah studio musik membutuhkan ruangan minimal 4x4 meter dan tinggi 3 meter. Ini tentunya berdasarkan panjang gelombang alat musik khususnya gitar bass yang mampu mencapai jarak 34 meter per satu gelombang. Untuk ruangan sebuah studio musik, usahakan bentuk kubus untuk gelombang terpantul secara sempurna. Pastikan juga ruangan studio musik harus dilengkapi dengan peredam seperti bass trap disetiap sudut ruangan.

Manajemen Studio Musik

Menjalankan bisnis studio musik ini tentunya harus dengan sistem manajemen yang rapi dan bagus, khususnya untuk masalah manajemen keuangan. Mengatur manajemen ini bisa dilakukan untuk memaksimalkan pengaturan biaya operasional, perawatan alat musik, dan biaya-biaya lain. Dengan pengaturan manajemen yang baik, akan menunjang juga kelangsungan bisnis studio musik yang Anda bangun.

Jadi, tertarik untuk memanfaatkan Peluang Usaha Studio Musik ?

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Artikel Informasi Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger