Waspada Penyakit Tumor Otak!

Otak adalah organ tubuh yang vital dalam tubuh manusia.  Kenapa demikian ? Karena semua bagian tubuh dikendalikan oleh otak. Selain itu, pikiran manusia juga terpusat di dalam otak. Oleh karena itu, otak paling rentan akan terkena penyakit salah satu nya adalah tumor otak. Jika otak terkena tumor, maka kinerja tubuh pun akan juga ikut terganggu karena rusak nya fungsi otak.

Penyakit Tumor Otak



Penyakit Tumor Otak ada yang berpendapat tidak berbahaya, namun jika segera dilakukan tindakan pengobatan secara serius maka akan berakibat semakin parah dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Mayo Clinic secara jelas menjelaskan mengenai penyakit tumor otak, seperti berikut ini : 

Tentang Tumor

Tumor merupakan pembentukkan dari pertumbuhan sel-sel yang tidak normal. Ini bisa terjadi pada otak, yang biasa disebut dalam istilah medis adalah penyakit tumor otak. Penyakit ini menurut Mayo Clinic sebenarnya tidak terlalu berbahaya, karena pada dasarnya sel tumor terbagi menjadi dua seperti tumor jinak dan ganas. Perlu diketahui bersama, bahwa sel tumor tidak selalu muncul pada otak akan tetapi bisa dari penyebaran dari organ tubuh lain yang kemudian menyerang otak.

Komplikasi Tumor Otak

Penyakit tumor otak sendiri harus segera diambil tindakan media untuk menghilangkan penyebarannya. Karena jika tidak segera diobati, maka ini akan menimbulkan komplikasi pada organ otak. Namun komplikasi ini terjadi tergantung pada bagian otak mana yang terinfeksi. Berikuy ini beberapa jenis komplikasi yang bisa di alami :
  • Kondisi Tubuh Menjadi Lemah
Penyakit tumor otak sudah pasti akan menyerang organ otak yang menjadi sasarannya. Bila itu terjadi, organ otak akan mengalami kerusakan dan semakin lama akan semakin parah. Dan jika tumor menyerang bagian otak, maka otak yang berfungsi mengontrol kekuatan tubuh akan mengalami kerusakan dan ini membuat tubuh menjadi lemah seperti orang yang lumpuh atau bahkan seperti orang yang menderita stroke.
  • Penglihatan Akan Terganggu
Penyakit tumor otak akan juga mengakibatkan rusaknya saraf yang menghubungkan ke organ mata. Bila ini  terjadi, maka indera penglihatan tersebut akan ikut terganggu. Misalnya penglihatan menjadi ganda dan jangkauan penglihatan akan semakin sempit atau berkurang.
  • Akan Menimbulkan Sakit Kepala
Pertumbuhan sel tumor pada organ otak tentu akan meningkatkan tekanan dalam otak dan menyebabkan kepala menjadi sakit. Sakit kepala juga bisa juga diakibatkan adanya cairan yang ada di dalam otak (hidrosefalus). Sakit pada kepala memang sudah umum, namun jika ini tidak kunjung sembuh bahkan jika disertai mual dan muntah maka dipastikan bahwa ada tumor di dalam otak.
  • Kepribadian Yang Ikut Berubah
Kepribadian pun ikut berubah karena adanya sel-sel tumor di dalam organ otak. Kepribadian ini akan mengakibatkan perilaku seseorang juga bisa ikut berubah.
  • Gangguan Pada Indera Pendengaran
Tumor otak juga ternyata bisa mempengaruhi indera pendengaran melalui saraf –saraf yang ada di dalamnya seperti neuromas akustik. Ini yang menjadi penderita tumor otak terkadang akan sulit mendengar perkataan dengan suara yang kecil.
  • Sering Terjadi Kejang
Tumor otak juga bisa mengakibatkan organ otak mengalami iritasi dan kemudian menyebabkan si penderita nya sering mengalami kejang-kejang.

Nah, Waspada Penyakit Tumor Otak! Segerala untuk menghubungi dokter jika  salah- satu komplikasi itu terjadi dalam waktu yang lama, sehingga bisa dengan cepat diambil tindakan medis! -apuy-

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Artikel Informasi Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger