Mengenal Program Point Of Sales (POS)


Program Point Of Sales
Untuk mengenal program point of sales banyak cara untuk dapat memahami makna dan kegunaan dari program point of sales ini. Sebelumnya mungkin anda pernah mendengar istilah program point of sales atau disingkat dengan POS? Banyak opini yang menyatakan bahwa point of sales ini disamakan dengan mesin kasir atau cash register. Tetapi secara fisiknya mesin kasir atau cash register ini merupakan sebuah kalkulator atau mesin penghitung yang dilengkapi sebuah mesin print untuk mencetak sebuah struk. Cash register ini juga dilengkapi dengan laci untuk menyimpan uang, tetapi tidak dilengkapi dengan sebuah sistem yang menyimpan semua transaksi jual beli. Biasanya program point of sales ini banyak digunakan pada bisnis retail yang melakukan transaksi jual beli.

Perkembangan Program Point Of Sales

Seiring dengan kemajuan dalam dunia teknologi informasi, penggunaan hardware seperti komputer dengan berbagai aplikasi yang mendukung kinerja komputer. Ini juga berpengaruh pada bisnis retail yang secara fungsinya mesin kasir atau cash register sebagai media Point Of Sales. Dalam perkembangannya, mesin kasir yang menjadi point of sales ini sudah dilengkapi dengan aplikasi point of sales yang bertujuan mempermudah dan mempercepat transaksi jual beli dengan sistem yang mudah untuk digunakan.

Manfaat Program Point Of Sales

Di pasaran sendiri istilahnya jadi bermacam-macam, ada yang menyebut "program toko", atau "software toko", atau "program kasir", atau "mesin kasir" atau "aplikasi inventory", atau "aplikasi toko", atau istilah kerennya "retail system", "inventory system", dsb. Pada dasarnya sama saja, karena semua bisa kita golongkan sebagai aplikasi point of sale dengan melihat fungsi dasar aplikasi tersebut. Dengan menggunakan aplikasi Point Of Sale kita bisa memperoleh beberapa keuntungan dengan adanya nilai tambah (added value) yang bisa diberikan, antara lain:
  • Peningkatan Kualitas Pelayanan. Dengan menggunakan software point of sales ini, Anda dapat dengan mudah menjalankan proses transaksi dengan cepat dan sistematis tentu sangat mendukung orientasi pelayanan usaha anda terhadap konsumen serta meningkatkan market interest.
  • Peningkatan Citra Usaha. Setiap konsumen dan stakeholder yang terlibat akan memandang usaha anda sebagai sebuah computerized enterprise yang dikelola dengan baik dan profesional.
  • Competitive Advantage. Penerapan teknologi informasi (TI) dapat meningkatkan daya saing perusahaan anda dalam kancah bisnis yang memang sangat ketat dan mengutamakan efisiensi waktu, terutama menghadapi era global market.
  • Kemudahan Proses Controlling & Pengambilan Keputusan. Anda dapat dengan mudah melakukan proses controlling karena semua laporan dapat disediakan dengan cepat, sehingga mempermudah proses pengambilan keputusan baik secara kolektif maupun personal.
Untuk mengoptimalkan penggunaan Program Point Of Sale tentu saja diperlukan perangkat komputer yang memadai sebagai media aplikasi. Perangkat pendukung nya seperti barcode scanner yang berfungsi sebagai media input. Perangkat lain, yaitu pole display yang mempunyai fungsi untuk menampilkan harga ke konsumen. Hadware pendukung dari program point of sales ini membutuhkan cash drawer yang digunakan sebagai laci penyimpanan uang. Selain cash drawer, ada perangat lain yang dibutuhkan untuk mengoperasikan program point of sales, adalah mini printer yang digunakan untuk mencetak struk atau faktur hasil dari setiap transaksi yang berhasil dilakukan. Semua perangkat tersebut bisa dibeli terpisah sesuai kebutuhan. Semoga dapat membantu, apuy

4 comments:

Hadiprasetyo mengatakan...

maaf saya mau tanya aplikasi yang di gunakan untuk membuat program "point of sales" apa saja ya tolong di bala hehehe

Barcode Memudahkan Bisnis Anda mengatakan...

Terima kasih artikelnya Mas,menambah wawasan saya..,oiya sy juga bisnis di bidang barcode system dan tentunya peralatan POS juga,monggo yang butuh info dan alat bisa kunjungi web saya,thx...

Hafif Rahman mengatakan...

Terima kasih sudah bersedia mampir dan membaca artikel yang ane tulis.
Untuk lebih lanjut mending agan bisa lansung kunjungi atau hubungi customer service dari IS (Integrated System) di dalam websitenya.

Hafif Rahman mengatakan...

terima kasih untuk klik barcode bersedia mampir dan membaca artikel yang ane tulis.
siap gan, oiya info saja neh website agan harus dioptimasi dengan teknik seo sehingga menambah brand awarness dari brand yang agan jual
salam kenal

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Artikel Informasi Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger