Tips Memperbaiki Koneksi Internet Kantor


Internet Kantor
Internet Kantor merupakan media yang digunakan untuk membantu mempaermudah aktifitas kantor menjadi lebih mudah dan cepat terselesaikan. Ada kalanya dalam penggunaan internet kantor, sedikit banyak yang melenceng karena keluar dari masalah pekerjaan seperti download lagu, film dan masih banyak lagi. Dan ini dapat menyebabkan koneksi internet kantor menjadi lebih lambat dan secara otomatis pekerjaan akan semakin lama untuk diselesaikan. Dalam memperbaiki koneksi internet kantor, pertanyaannya adalah mengapa koneksi internet kantor manjadi lambat? Pasti ada faktor yang membuat hal ini dapat terjadi, berikut sedikit mengenai hal-hal yang menjadi faktor penyebab koneksi internet kantor menjadi lambat cenderung lemot. Penyebab nya dan cara penangulangannya antara lain sebagai berikut :
  1. Paket Internet Yang Digunakan. Yang jelas paket internet kantor dengan menggunakan layanan paket internet kantor dari telkomnet instan beberda dengan speedy paket 50 jam dan berbeda juga dengan speedy unlimited. Maka jangan heran jika telkomnet instan itu lambat. Tetapi yang masalah adalah jika paket speedy unlimited berjalan selambat telkomnet instan. Jika kantong cukup tebal mungkin bisa mempertimbangan membeli paket layanan internet yang lebih tinggi.
  2. Spesifikasi Komputer yang digunakan. Setelah data dan informasi elektronik melewati perangkat modulasi-demodulasi (Modem) maka pekerjaan selanjutnya akan dieksekusi oleh komputer. Nah disinilah peran spesifikasi komputer berbicara walaupun dalam keadaan normal pengaruhnya tidak begitu dominan dibandingkan dengan penyebab yang lain. Secara default (kondisi normal) jangan berharap bahwa eksekusi data dari internet Pentium III bisa sekencang Pentium IV. Artinya paling tidak untuk keperluan internet pakailah spesifikasi komputer minimal Pentium IV solo dan memory RAM 1 GB.
  3. File-file sampah internet yang menumpuk dalam komputer. Chace, browsing history, download history, cookies sebenarnya adalah data sementara yang disimpan oleh memory RAM pada browser dan folder tertentu dengan tujuan jika anda meminta kembali data-data tersebut secepatnya bisa diberikan oleh Memory RAM. Namun karena seringnya akses internet maka jumlah “simpanan” sementara tersebut menjadi bertumpuk-tumpuk dan malah akhirnya merepotkan komputer.
  4. Pengguna Traffic Yang Overload. Jika anda pernah lihat 30 orang membawa ember hendak berebutan mengambil air sebuah selang kecil, kira-kira begitulah gambaran overload traffic internet. Artinya pada jam-jam tertentu internet pasti sangat sibuk dengan jumlah peng-akses puluhan juta orang. Server adalah mesin yang punya keterbatasaan yang jika dikunjungi oleh jutaan orang dengan permitaan yang berbeda-beda, bisa dibayangkan betapa sibuknya server internet kantor tersebut. Maka gunakanlah internet pada jam-jam yang tidak begitu sibuk, misalnya anda mengakses website Indonesia paling bagus pada jam 05.00 sampai jam 07.00 pagi. Hehehe dijamin pasti kencang.
  5. Penggunaan Hotspot yang Overload dan konflik IP. Bagi pengguna jasa hotspot maka penyebab lambatnya koneksi bisa duakali lipat yaitu Overload traffic dan diperparah dengn overload pengguna hotspot. Kemungkinan lain adalah ada pengguna hotspot yang sengaja melakukan conflict IP dengan menggunakan software tertentu dengan tujuan agar bandwidth anda bisa disedot. Oleh sebab itu jika anda pengguna hotspot saya sarankan menggunakan software AntiNetCut dan Hidden IP agar pengguna hotspot lain tidak bisa mengganggu anda.
  6. Hambatan Cuaca Alam. Sebagaimana diketahui bahwa informasi dan data elektronik yang disampaikan oleh ISP akan melayang-layang di udara dan perjalanannya bisa dihambat oleh cuaca buruk sebelum sampai ke perangkat wireless anda.
  7. Overload dan kendala teknis pada LAN. Sekalipun anda berada pada jalur speedy unlimited yang menggunakan LAN tetapi jumlah pemakainya terlalu banyak, maka hal yang sama akan terjadi kembali yaitu perebutan bandwith. Selain itu ada hal-hal teknis pada LAN yang biasa menjadi hambatan misalnya socket yang sudah kotor, tidak rapat, longgar sehingga transmisi data tidak lancar. Kalau ini terjadi lakukan perbaikan seperlunya.
Demikian beberapa tips mudah dalam memperbaiki koneksi internet kantor yang lambat, semoga dapat berguna. apuy

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Artikel Informasi Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger