Beberapa Solusi Mati Lampu

Solusi Mati Lampu ? Otak kita pasti bertanya - tanya, apa saja alat yang dapat menggantikan lampu sebagai alat penerangan. Apalagi sekarang banyak kejadian mati lampu yang serba mendadak dan itu membuat semua aktifitas menjadi terganggu. Mulai dari pekerjaan sampai dengan waktu istirahat pun akan juga ikut terganggu karena kejadian mati lampu tersebut. Beberapa waktu yang lalu ibukota jakarta sering mengalami kejadian mati lampu, dan kejadian tersebut berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Warga banyak yang protes, karena dengan seringnya terjadi listrik padam dan juga mati lampu. Maka untuk itu, sebagai solusi mati lampu Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta menggilir daerah-daerah yang ada di Jakarta memadamkan istrik yang secara otomatis akan mematikan lampu secara bergantian.

Solusi Mati Lampu

Solusi Mati Lampu sudah ditemukan dari zaman dulu hingga sekarang dengan menggunakan berbagai alat yang mampu memberikan cahaya untuk penerangan. Seiring perkembangan zaman di mana teknologi yang terus berkembang pesat membuat orang banyak menciptakan alat-alat sebagai solusi untuk mati lampu. Beberapa solusi mati lampu tersebut dengan menggunakan alat-alat sebagai berikut  :
  1. Obor. Alat sebagai pengganti lampu ini banyak dijumpai pada daerah-daerah yang belum terjangkau aliran listrik seperti di pelosok pedesaan atau di tengah-tengah laut. Obor ini menggunakan bambu yang diberikan sumbu dari bahan yang mudah dibakar. Sebagai alat penerangan, obor sering digunakan untuk penanda dimulainya sebuah kompetisi olahraga seperti olimpiade dan juga asean games. Namun kelemahan obor ini tidak bisa membangkitkan aliran listrik kembali, karena obor ini hanya digunakan sebagai alat penerangan.
  2. Lilin. Lilin merupakan salah satu solusi dari mati lampu yang hingga saat ini masih digunakan oleh warga ibukota Jakarta sebagai alat penerangan sementara ketika listrik padam. Kenapa begitu? selain murah dan dapat digunakan, lilin dapat dinyalakan hanya dengan menggunakan korek api yang pasti ada di setiap rumah warga. Lilin sendiri merupakan sumber penerangan berupa api yang terdiri dari sumbu dengan diselimuti oleh bahan bakar padat. Penemuan lilin ini terjadi pada sebelum abad ke 19, bahan bakar yang digunakan pada waktu itu adalah lemak sapi yang mengandung banyak asam stearat namun sekarang bahan pembuatan lilin menggunakan parafin. Seiring perkembangan zaman, lilin juga dapat dimanfaatkan sebagai kelengkapan dalam upacara adat, perayaan ulang tahun, dan bahkan sebagai pewangi ruangan.
  3. Lampu Tempel / Lampu Minyak. Lampu tempel ini bisa menjadi alternatif sebagai alat penerangan sementara ketika terjadi pemadaman listrik dan mati lampu. Sesuai dengan namanya lamu tempel atau lampu minyak ini menggunakan bahan bakar minyak tanah dan mempunyai sumbu. Untuk api dari lampu minyak ini biasanya akan dilindungi dengan alat yang bernama semprong.
  4. Lampu LED. Biasa nya lampu led ini menggunakan 2 cara dalam menyalakannya, satu  dengan menggunakan listrik dan menggunakan baterai besar. Namun ini tetap tidak dapat melakukan aktifitas yang menggunakan listrik, karena lampu ini hanya sebagai lampu penerangan sementara. Penggunaan lampu led ini banyak digunakan di restoran, mal perbelanjaan, hotel, dan sebagainya.
  5. UPS. UPS ini banyak digunakan sebagai pengaman untuk komputer baik laptop maupun dekstop ketika lampu tiba-tiba mati. Karena dengan UPS ini dapat bertahan selama 3-6 jam saja, sehingga komputer dan notebook tidak langsung mati. Sekarang UPS juga bisa digunakan sebagai solusi mati lampu, dengan memodifiksi dengan menambahkan aki dari luar.
  6. Genset. Genset merupakan alat yang mampu memberikan solusi ketika mati lampu mendadak. Cukup dengan mengisi dengan bahan bakar seperti solar atau bensin, listrik akan tidak mati mati dan itu tidak menganggu aktisfitas yang sedang dikerjakan. Selama bensin masih ada dan terus di tambahkan, maka listrik dan lampu akan terus menyala. Namun kendala nya adalah mahalnya harga genset ini, tapi jangan kuatir sekarang sudah banyak tempat yang memberikan layanan sewa genset dengan harga yang terjangkau.
Jadi apa pilihan anda? apuy

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Artikel Informasi Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger