Tips Bijak Memilih Mainan Anak

Bijak memilih mainan anak haruslah dilakukan oleh setiap orang tua ketika ingin memberikan mainan anak kepada si buah hati. Banyaknya mainan anak yang ada di pasaran dengan harga dan bentuk yang beragam harus menjadi sebuah perhatian khusus para orangtua. Karena sekarang banyak mainan anak yang ada di jual di pasaran ada yang mengandung zat kimia berbahaya untuk kesehatan anak. Zat kimia tersebut antara lain zat logam berat seperti merkuri, timbal, kadmium, dan kromium. Mainan anak yang mengandung bahan kimia tersebut tidak mengenal harga, baik harga mainan anak yang mahal sampai dengan harga mainan anak yang murah. Hal ini semakin parah karena adanya pasar bebas, di mana semua produk dari luar negeri dapat dengan mudah masuk tanpa ada control dari segi kualitas dan kesehatan. Tidak hanya itu, karena pasar bebas inilah juga mengakibatkan barang-barang dapat masuk secara ilegal termasuk juga untuk mainan anak.

Mainan Anak

Tips Memilih Mainan Anak

Memilih mainan anak ini sebuah cara untuk mencegah dan mengantisipasi produk-produk mainan anak yang berbahaya untuk anak. Untuk itu, berikut beberapa tips memilih mainan anak yang mudah antara lain :
  1. Teliti dan baca label mainan anak.  Label mainan anak sering dilupakan oleh para orangtua ketika membeli sesuatu termasuk membeli mainan anak.  Karena banyak label mainan anak tidak berbahasa Indonesia, hal ini yang membuat para orangtua menjadi malas dan tidak peduli akan label mainan tersebut. Beberapa temuan dari YLKI atau yayasan lembaga konsumen Indonesia, banyak mainan anak yang dijual di pasaran tidak memiliki label yang berbahasa Indonesia. Padahal, dalam aturan perdagangan yang berlaku semua produk yang dijual di Indonesia harus memiliki label menggunakan bahasa Indonesia, dan berisi bagaimana cara penggunaan serta untuk usia berapa.
  2. Tidak mementingkan faktor harga mainan anak. Banyak orangtua yang berpendapat jika harga barang itu mahal, maka kualitasnya pun akan bagus dan terjamin. Pendapat tersebut belum tentu benar seluruhnya, karena belum tentu produk yang dijual termasuk mainan anak dengan harga mahal dapat menjamin keamanan dan kualitas dari produk mainan anak tersebut bagus pula.  Tapi pada kenyataan, banyak penemuan produk mainan anak yang mahal mengandung bahan berbahaya untuk kesehatan anak.
  3. Beli mainan anak sesuai dengan usia anak. Untuk para orangtua dalam memilih mainan anak yang sesuai dengan usia anak tersebut. Terkadang para orangtua banyak membelikan gadget sebagai mainan anak untuk anak yang baru berusia 3 tahun, atau membelikan mainan anak yang ukurannya kecil sehingga mainan anak tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam mulut mereka.  Usahakan pilih mainan anak yang bersifat untuk memberikan sebuah pelajaran atau edukasi untuk melatih otak dan daya pikir mereka.
  4. Cek fisik mainan anak. Jenis mainan edukasi yang ada pada umumnya terbuat dari bahan kayu. Jadi akan sangat penting melihat dan memeriksa kondisi mainan anak dari segi fisik dan bentuknya. Ini dilakukan untuk mencegah mainan yang bentuknya dapat membahayakan si anak.  apuy

3 comments:

Toko Online Baru mengatakan...

Ngomong soal mainan, kebetulan aku ada produk unik buat kado hadiah unik, coba mampir dan lihat fotonya ya barang kali cocok :)

Hafif Rahman mengatakan...

terima kasih atas komentar dan kunjungan nya..
oiya, aku jasa freelancer seo
jika berminat silahkan hubungi saya

seo mengatakan...

wah terima kasih atas artikelnya sangat bermanfaat sekali

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Artikel Informasi Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger