Peranan Program Akuntansi Untuk Perusahaan

Program Akuntansi Untuk Perusahaan
Peranan program akuntansi untuk perusahaan adalah sangat penting dalam menghasilkan laporan akuntansi keuangan perusahaan yang akurat.  Program akuntansi atau software akuntansi sendiri merupakan aplikasi yang di rancang khusus untuk mampu memudahkan semua aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan akuntansi pada sebuah perusahaan. Dengan aplikasi akuntansi, para pemilik perusahaan dapat membuat sekaligus menerbitkan laporan-laporan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan dengan waktu yang cukup cepat.

Seiring perkembangan teknologi yang setiap hari semakin pesat, program akuntansi juga ikut mengikuti sering dengan perkembangan teknologi informasi khusus nya di dunia telekomunikasi. Ini dibuktikan dengan dikeluarkan nya beberapa jenis program dan aplikasi akuntansi baik untuk digunakan dalam skala kecil yaitu personal sampai dengan yang berskala besar seperti perusahaan. Perkembangan akan setiap jenis software akuntansi ini juga terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi sehingga software akuntansi tersebut tercipta dengan berbagai versi. Dengan itu, seluruh laporan yang dibutuhkan akan semakin mudah dan cepat dibuat dengan program akuntansi yang makin canggih.

Namun dalam penggunaan software akuntansi ini, manfaat yang akan dirasakan tergantung pada jenis software yang dipilih oleh perusahaan. Akan tetapi, pada dasar nya program akuntansi memiliki peranan dan manfaat untuk kemajuan perusahaan. Berikut beberapa peranan program akuntansi untuk perusahaan :
  • Jurnal khusus tidak pernah di isi. Setiap staff atau perusahaan hanya perlu mengisi seluruh transaksi  sebagaimana seperti mencatat sebuah transaksi biasa. Jadi dengan aplikasi akuntansi ini, akan lebih mudah dan juga mempercepat pembuatan laporan keuangan yang dibutuhkan dengan segera.
  • Semua jurnal yang dibutuhkan seperti jurnal umum dan khusus  akan dengan mudah langsung di post ke masing-masih dalam buku besar. Dalam proses menggunakan aplikasi akuntansi ini juga diperlukan jurnal umum dan juga jurnal khusus sekaligus buku besar dalam pembuatan laporan keuangan.
  • Semua subdidiary ledger juga akan mudah di lakukan up-date hingga ke bagian-bagian lain secara detail. Subdidiary ledger dalam ilmu ekonomi khusus nya akuntansi adalah buku besar pembantu. Biasanya buku besar pembantu ini disediakan untuk persediaan atau stok dengan pencatatan kuantitas, satuan, gudang, dan informasi lainnya  yang berkaitan dengan persediaan.
  • Laporan akan ada dalam waktu yang cepat.  Pembuatan laporan keuangan ini dibuat secara real time  dengan hasil yang memuaskan. Namun ada beberapa jenis software akuntansi yang proses posting atau input  nya menggunakan sebuah menu khusus.
Demikian beberapa peranan program akuntansi untuk perusahaan, semoga dapat berguna. -apuy-

3 comments:

ryano93 mengatakan...

Makasih sob materi akuntansinya
oya kunjungi balik ya gan blog saya
http://ikubarunovryan.blogspot.com/

kuliner mengatakan...

contoh dari software akuntansi tersebut apa saja ya?
thanks

Unknown mengatakan...

emang bener, peran software akuntansi sekarang ini emang sangat di butuhkan oleh perusahaan

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Artikel Informasi Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger