Solar Water Heater Berdasarkan Jenis

Pemanas air atau biasa disebut water heater yang kini banyak beredar di pasaran memang banyak jenisnya, seperti pemanas air listik, pemanas air tenaga surya (Solar Water Heater). Penggunaan pemasan air tentu akan menggunakan produk pipa air panas sebagai saluran air panas. Jenis pemanas air pun terbilang beragam, mulai dari pemanas air listrik dan pemanas air yang menggunakan tenaga surya atau biasa disebut solar water heater.

Solar Water Heater



Kini penggunaan alat ini memang telah menjadi gaya hidup dan kebutuhan masyarakat perkotaan khusus nya Jakarta. Dengan menggunakan water heater, maka kebutuhan akan air hangat yang bisa menghilangkan rasa stress setelah  seharian berkutat dengan macet dan juga pekerjaan. Apalagi jika ada salah anggota keluarga yang lansia bahkan terkena rematik bahkan adanya alergi terhadap air dingin, maka air hangat bisa menjadi solusi terbaik.

Kenapa Menggunakan Water Heater ?


Sebelum ada water heater, ketika orang membutuhkan air hangat untuk berbagai kebutuhan seperti mandi bahkan minum maka cara mendapatkannya dengan memasak air tersebut menggunakan kompor. Nah, masalah pun muncul, bahwa memasak air dengan kompos akan memakan waktu yang lama dan jumlah air nya pun terbatas. Sehingga makin banyak air yang di masak, maka ini tentu akan semakin lama pula waktu yang dibutuhkan dan biaya untuk membeli bahan bakar seperti minyak tanah/gas tentu akan lebih banyak.

Solar Water Heater
source : www.intisolar.com

Atas dasar masalah di atas, maka kehadiran teknolgi water heater seperti solar water heater bisa jadi solusi pemecahan masalah. Dan kini banyak merk dan jenis water heater yang beredar di pasaran dengan berbagai fitur atau aplikasi yang ditawarkan. Solar Water Heater Berdasarkan Jenis terbagi menjadi 2 tipe, yaitu

Solar Water Heater Sistem Pasif


Dari namanya kita bisa ambil sebuah kesimpulan bahwa solar water heater ini akan memanfaatkan sianar matahari sebagai energi utama untuk memanaskan air. Di bilang pasif, karena pemanas tenaga surya ini tidak membutuhkan energi lain dalam memanaskan air. Dengan kata lain 100% hanya mengandalkan sinar matahari. Sudah tentu pemanas air tenaga surya pasif ini tidak akan bekerja maksimal ketika musim hujan, karena sudah pasti tidak ada matahari.

Komponen untuk pemanas air tenaga surya terdiri dari 2 komponen, panel kolektor dan tangki penyimpanan di mana keduanya akan terhubung langsung oleh dua pipa. Panel kolektor tersebut ada penutup kaca, di mana penutup tersebut mempunyai fungsi sebagai penangkap panas sinar matahari yang didalamnya ada susunan rangkaian pipa tembaga sebagai jalur air. Pipa tersebut dilapisi oleh sirip-sirip penyerap panas. Sedangkan untuk tangki berfungsi sebagai penampung air panas dan menjaga panas tetap tahan lama.

Pemanas air tenaga kerja dengan sistem pasif ini dalam proses nya akan menangkap sinar matahari dan akan mengalirkan panas tersebut melalui pipa penyerap panas ke pipa tembaga yang akan menjadikan suhu air menjadi panas. Untuk bisa mendapatkan panas matahari lebih banyak, maka penempatan dari pemanas air tenaga surya ini banyak diletakkan di atap rumah. Tingkat kemiringan pun harus diperhatikan agar panas yang dihasilkan menjadi lebih maksimal.

Solar Water Heater Sistem Aktif


Tidak jauh berbeda dengan alat pemanas air tenaga matahari sistem pasif, pemanas air tenaga surya sistem aktif juga tetap menjadikan dan memanfaatkan energi sinar matahari untuk proses pemanasan air. Hanya saja, dalam proses distribusi air panas dan air dingin harus menggunakan tenaga listrik untuk bisa menggerakkan pompa dan juga perangkat kontrol otomatisnya.

Penggunaan pemanas air tenaga surya dengan sistem aktif ini memang dirancang untuk bisa memenuhi kebutuhan air panas dalam jumlah atau skala besar. Biasanya pemanas air tenaga surya dengan sistem aktif banyak digunakan oleh hotel, spa, rumah sakit dan apartemen. Oleh karena itu, pemanas air tenaga surya dengan sistem aktif butuh akan komponen pendukung yang lebih kompleks. Selain itu pemanas air tenaga surya dengan sistem aktif juga membutuhkan tangki penampungan yang jauh lebih besar dari pemanas air tenaga surya dengan sistem pasif.

Jadi, pemakaian penggunaan solar water heater atau pemanas air tenaga surya tergantung akan kebutuhannya. Tidak bisa dipungkiri, jika dalam satu rumah ada banyak anggota keluarga maka pemanas air tenaga surya dengan sistem aktif bisa jadi pilihan. -apuy-

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Artikel Informasi Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger