Alat Berat Backhoe, Wheel Loader dan Backhoe Loader

Alat Berat Backhoe, Wheel Loader dan Backhoe Loader
Backhoe atau excavator merupakan alat berat yang termasuk ke dalam kategori alat penggali. Backhoe memiliki beberapa bagian, yaitu undercarriage, boom, stick atau arm dan bucketBackhoe umumnya digunakan untuk proyek penggalian saluran, pembuatan terowongan, atau pembuatan basement. Jika dilihat dari segi undercarriage, backhoe dapat dibedakan menjadi backhoe dengan undercarriage ban dan backhoe dengan undercarriage crawler. Backhoe yang menggunakan undercarriage ban biasanya digunakan pada proyek dan maintenance saluran air yang berada di perkotaan. Backhoe dengan undercarriage ban tidak merusak jalan, sehingga aman untuk digunakan. Sedangkan backhoe dengan undercarriage crawler umumnya digunakan dilokasi yang tidak perlu mengkhawatirkan kondisi jalanan, seperti pada tanah lapang. Kapasitas bucket pada backhoe ini terdiri dari berbagai ukuran, kita bisa memilih ukuran bucket yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Sementara, Wheel Loader adalah alat berat yang memiliki fungsi sebagai alat untuk mengangkut material padat dan kemudian diletakkan pada truk pengangkut. Wheel loader biasanya di gunakan untuk memindahkan / memuat material yang gembur atau lepas. Alat ini juga bisa digunakan untuk menggali, namun pada material yang lunak dan cara kerjanya berbeda dibandingkan dengan backhoe. Bucket akan didorong pada material yang akan digali, jika bucket telah penuh kemudian Wheel loader akan mundur dan bucket akan diangkat secara perlahan. Ukuran bucket pada alat ini bervariasi, sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan.

Untuk proyek yang membutuhkan kedua alat ini bisa menggunakan Backhoe Loader. Backhoe Loader merupakan sebuah alat berat yang memiliki fungsi backhoe dan wheel loader dalam satu alat yang sama. Karena hanya terdiri dari satu alat, maka alat ini akan lebih praktis digunakan. Setelah material digali menggunakan backhoe, maka dengan alat yang sama material tersebut dapat diangkut ke truk pengangkut menggunakan loader (seperti wheel loader). Namun, ukuran backhoe loader umumnya lebih kecil dan memiliki kapasitas yang terbatas. Karena itulah, alat ini biasanya hanya digunakan untuk proyek yang tidak membutuhkan kapasitas besar. Sementara, untuk proyek yang membutuhkan kapasitas maksimal akan lebih efektif jika menggunakan kedua alat ini secara terpisah. (Yv)

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Artikel Informasi Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger