Pengaruh Promosi Online Pada Industri Perhotelan

Pemanfaatan internet untuk berbagai kebutuhan secara tidak langsung merubah kebiasaan masyarakat. Saat ini, masyarakat lebih senang memanfaatkan internet untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkannya. Karena itulah banyak bisnis diberbagai industri, termasuk industri perhotelan, yang mulai memanfaatkan internet sebagai media promosinya. Promosi online ini juga dimanfaatkan oleh hotel-hotel besar yang sudah cukup terkenal, seperti Singgasana Hotel. Dengan promosi secara online, diharapkan hotel-hotel ini mampu untuk menjaring pasar yang lebih luas lagi.

Keinginan tersebut merupakan hal yang wajar, mengingat internet dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Seorang konsumen bisa mencari informasi dan melakukan pemesanan hotel di sebuah daerah, bahkan saat mereka tidak sedang berada di daerah tersebut. Misalnya saja, ketika seorang wisatawan ingin berlibur ke Makassar, maka wisatawan tersebut bisa melakukan pemesanan hotel beberapa saat sebelum tanggal kedatangannya. Pemesanan ini bertujuan agar mereka bisa mendapatkan hotel yang sesuai dengan kebutuhannya (dari segi harga, lokasi, dan suasana). Apalagi, jika wisatawan akan pergi berlibur ke daerah yang menjadi incaran wisata. Selain itu, hotel dapat memberikan berbagai penawaran promo atau potongan harga untuk dapat menarik minat wisatawan. Promo serta potongan harga ini bisa didapatkan hanya bagi wisatawn yang melakukan pemesanan via online. Pemesanan hotel ini bisa langsung dilakukan tanpa perantara (melalui website hotel yang bersangkutan) ataupun dengan perantara (beberapa website penyedia jasa pemesanan hotel).

Memanfaatkan internet sebagai media promosi memanglah memberikan berbagai keuntungan bagi sebuah hotel. Namun, bukan berarti pemanfaatan internet ini tidak memberi dampak negatif. Jika sebuah hotel memutuskan untuk melakukan promosi secara online, artinya hotel tersebut akan membuka peluang bagi masyarakat umum untuk mengemukakan pendapat (memberi review) mengenai hotel tersebut. Dan tentunya, hal ini bisa memberikan dampak secara positif maupun negatif.

Promosi Bisnis
Bagi hotel yang mendapatkan review positif dari pengunjung yang pernah datang, maka akan dapat meningkatkan reputasi hotel tersebut. Namun, ketika review yang ditulis merupakan hal-hal yang negatif, maka bisa membuat calon tamu merasa ragu untuk menginap di sana. Apalagi, jika jumlah review yang negatif cukup banyak. Hal ini, bisa berdampak langsung pada jumlah tamu yang menginap. Karena itulah, ada baiknya jika sebuah hotel tidak hanya mementingkan masalah promosi saja, tetapi juga mengutamakan service atau pelayanan yang diberikan pada tamu. Selain itu, review negatif ini mungkin saja datang dari kompetitor. Masalahnya, calon konsumen tidak akan peduli mengenai hal tersebut dan hanya menilai berdasarkan dari review yang tertulis. Karena itulah, hotel harus mampu mencari cara untuk mengatasi hal ini agar tetap dapat bertahan menghadapi kompetisi. (Yv)

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Artikel Informasi Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger