Cara Ampuh Mengatasi Sakit Kepala

Mengatasi Sakit Kepala
Berbagai hal yang terkait dengan perawatan bayi yang baru lahir membuat ibu mengalami perubahan kebiasaan yang cukup drastis. Dari mulai kebiasaan waktu beristirahat, hingga berbagai hal lainnya. Perubahan ini dapat berdampak baik ataupun buruk. Bahkan, tidak jarang ibu mengalami pusing atau sakit kepala akibat perubahan ini.  

Sakit kepala adalah serangan rasa sakit yang tiba-tiba yang terasa di bagian kepala. Terkadang hanya terasa sebagian atau mungkin seluruhnya. Sakit kepala tidak bisa dianggap remeh karena sebagian besar gejala penyakit bermula dari sakit kepala. Nah, kita mungkin bertanya-tanya, bagaimana sih caranya agar sakit kepala bisa teratasi? Berikut cara ampuh yang bisa ditiru :
  • Banyak meminum air putih. Sakit kepala bisa timbul saat tubuh kita kekurangan cairan alias dehidrasi. Air adalah komponen terpenting dari tubuh sehingga asupannya harus terus dijaga. Agar terhindar dari sakita kepala, biasakan meminum air sebanyak 8 gelas perhari.
  • Mengatur jam tidur. Terbangun di tengah malam untuk memberi susu atau mengganti popok memang menjadi warna kehidupan setelah si jabang bayi lahir. Tentunya, jam tidur kita pun menjadi tidak beraturan dan siklus menjadi kacau. Nah, untuk menyiasatinya, silakan membagi waktu berjaga bersama sang suami. Dan manfaatkan juga waktu tidur siang untuk mengganti jam tidur kta yang terpakai.
  • Memakan kentang. Kentang mengandung elektrolit berupa kalium yang bermanfaat untuk perkembangan tubuh. Sakit kepala tidak hanya disebabkan oleh cairan tubuh yang hilang melainkan juga ketika zat-zat penting dalam tubuh tidak terpenuhi.
  • Jaga pikiran agar tidak stress. Kondisi emosional seorang ibu yang baru melahirkan masih belum stabil sehingga terkadang, panik dan cemas masih sering menghampiri kita. Lakukan relaksasi agar pikiran kita tidak ruwet dan urat-urat saraf tidak tegang.
  • Mengompres kening dengan es batu. Saat sakit kepala kita sudah menjadi-jadi, rasa mual dan tidak nyaman tentunya akan menghampiri kita. Alih-alih memijit kepala dengan tangan—yang sesungguhnya justru menambah rasa sakit di kepala, kompreslah kening kita dengan es batu. Es ini akan membantu mengurangi rasa sakit dengan melemaskan urat-urat saraf yang mengencang.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Artikel Informasi Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger